Artikel ini ditujukan untuk membantu Anda yang baru saja memulai pencarian pekerjaan. Tujuannya adalah memberikan informasi kritis yang Anda butuhkan untuk berhasil mengisi formulir aplikasi pekerjaan.
Apakah mengisi formulir aplikasi pekerjaan harus menjadi momen yang menegangkan? Tidak. Jika Anda memiliki resume dasar yang solid, sebagian besar pekerjaan sudah selesai — resume Anda dapat membimbingmu melalui sebagian besar jawaban yang perlu Anda berikan dalam formulir aplikasi pekerjaan. Dan jika Anda belum memiliki resume, sekarang mungkin saatnya untuk membuat satu.
Kapan Pengusaha Menggunakan Formulir Aplikasi Pekerjaan?
Untuk banyak pekerjaan paruh waktu, tingkat masuk, dan pekerjaan tingkat dasar, pengusaha menggunakan formulir aplikasi untuk menyaring calon karyawan potensial. Mereka menggunakan informasi dari formulir aplikasi untuk menentukan siapa yang akan mereka panggil untuk wawancara pekerjaan.
Untuk jenis pekerjaan lainnya, formulir aplikasi hanyalah dokumen yang dibutuhkan oleh departemen Sumber Daya Manusia dari semua pelamar pekerjaan; seringkali, pengusaha meminta Anda untuk mengisi formulir aplikasi setelah mereka mengundang Anda untuk wawancara.
Mengapa Pengusaha Menggunakan Formulir Aplikasi Pekerjaan?
Banyak pengusaha menggunakan formulir aplikasi sebagai cara untuk standarisasi informasi yang mereka dapatkan dari semua pencari kerja, termasuk beberapa hal yang biasanya tidak akan Anda masukkan ke dalam resume.
Tujuan Anda adalah mengisi formulir aplikasi sekomplit dan sesungguhnya mungkin — selalu ingat bahwa formulir aplikasi adalah alat pemasaran utama untuk Anda dalam proses pencarian pekerjaan. Ingatlah bahwa beberapa pengusaha akan menggunakan formulir aplikasi Anda sebagai dasar untuk memutuskan apakah akan memanggil Anda untuk wawancara.
Dengan pengetahuan ini, berikut adalah tips dan trik bagi pencari kerja untuk berhasil mengisi formulir aplikasi pekerjaan.
Siapkan Informasi yang Diperlukan, pastikan untuk membawa resume, KTP, surat izin mengemudi, dll. Anda mungkin juga perlu alamat dan nomor telepon dari pekerjaan sebelumnya, serta gaji awal dan akhir untuk setiap pekerjaan sebelumnya. Lebih baik jika Anda memiliki terlalu banyak informasi daripada terlalu sedikit.
Baca dan Ikuti Instruksi Dengan Seksama.
Selalu luangkan beberapa menit untuk meninjau seluruh formulir aplikasi. Beberapa formulir aplikasi meminta informasi dengan cara yang berbeda — dan semuanya memiliki ruang khusus di mana Anda diharapkan menjawab pertanyaan. Pikirkan formulir aplikasi sebagai ujian pertama Anda dalam mengikuti petunjuk.
Isi Formulir Sebersih Mungkin.
Ingat betapa pentingnya tulisan tangan di sekolah? Kebersihan dan kejelasan tulisan Anda berpengaruh; formulir aplikasi mencerminkan diri Anda.
Jika mengisi secara manual, pastikan untuk menggunakan pena biru atau hitam saja — dan pertimbangkan untuk menggunakan pena yang dapat dihapus atau membawa “penghapus” untuk memperbaiki kesalahan kecil.
Jangan melipat, membengkokkan, atau merusak formulir aplikasi.
Sesuaikan Jawaban Anda dengan Pekerjaan yang Anda Cari.
Sama seperti dengan resume dan surat lamaran, fokuskan pendidikan dan pengalaman Anda untuk pekerjaan yang sedang Anda lamar. Berikan detail tentang keterampilan dan prestasi, dan hindari merangkai pengalaman Anda hanya dalam istilah tanggung jawab dan tugas.
Tunjukkan mengapa Anda lebih berkualifikasi daripada pelamar lain untuk posisi tersebut. Sertakan pengalaman dari semua sumber, termasuk pekerjaan sebelumnya, sekolah, klub dan organisasi, serta pekerjaan sukarela. Jika Anda kesulitan mengidentifikasi beberapa keterampilan Anda, baca artikel kami tentang keterampilan yang dapat dipindahkan.
Jangan Biarkan Ada Yang Kosong.
Salah satu alasan pengusaha meminta Anda mengisi formulir aplikasi adalah karena mereka menginginkan informasi yang sama dari semua pencari kerja. Namun, jika ada pertanyaan yang tidak berlaku untuk Anda, cukup jawab dengan “tidak berlaku” atau “t.t.” Jangan menulis “lihat resume” saat mengisi formulir aplikasi (tetapi Anda tentu dapat melampirkan resume Anda ke formulir aplikasi).
Jangan Berikan Informasi Negatif.
Seperti halnya dalam setiap korespondensi pencarian pekerjaan, jangan pernah memberikan informasi negatif. Tujuan Anda dengan formulir aplikasi adalah mendapatkan wawancara. Memberikan informasi negatif (seperti dipecat dari pekerjaan) hanya memberikan alasan kepada pengusaha untuk tidak mewawancarai Anda.
Jawablah Pertanyaan dengan Jujur.
Cara tercepat agar formulir aplikasi masuk ke tempat sampah adalah dengan memberikan kebohongan di dalamnya, tetapi itu tidak berarti Anda perlu memberikan jawaban lengkap juga.
Sebagai contoh, banyak formulir aplikasi menanyakan alasan Anda meninggalkan pekerjaan terakhir. Jika Anda dipecat atau dirumahkan, cobalah untuk tetap positif dan simpan penjelasan yang lebih panjang untuk wawancara; beberapa ahli merekomendasikan menulis “pekerjaan berakhir” sebagai alasan Anda meninggalkan pekerjaan terakhir.
Jangan Menyebutkan Persyaratan Gaji Spesifik.
Masih terlalu awal dalam proses pencarian pekerjaan untuk memungkinkan diri Anda diidentifikasi oleh permintaan gaji tertentu. Anda tidak ingin memberikan terlalu banyak informasi terlalu cepat kepada pengusaha.
Selain itu, pengusaha sering menggunakan pertanyaan ini sebagai perangkat penyaring — dan Anda tidak ingin dieliminasi dari pertimbangan berdasarkan jawaban Anda. Lebih baik mengatakan “buka” atau “nego”.
Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang semua aspek gaji dengan membaca artikel kami tentang Negosiasi Gaji: Bagaimana Mendapatkan Yang Anda Cari.
Berikan Referensi.
Pengusaha ingin melihat bahwa ada orang yang akan memberikan informasi objektif tentang Anda kepada mereka. Pilih referensi Anda dengan hati-hati — dan pastikan Anda bertanya apakah mereka bersedia menjadi referensi untuk Anda sebelum Anda mencantumkannya.
Dari mana Anda mendapatkan referensi? Dari mantan majikan, guru, hingga teman keluarga. Sebagian besar pencari kerja muda memiliki kombinasi referensi profesional dan karakter, sementara pencari kerja yang lebih berpengalaman fokus pada referensi profesional yang dapat berbicara tentang keterampilan dan prestasi Anda.
Jaga Konsistensi Aplikasi Anda Dengan Resume Anda.
Pastikan semua tanggal, nama, jabatan, dll., pada formulir aplikasi Anda sesuai dengan informasi pada resume Anda. Jangan khawatir jika aplikasi didasarkan pada riwayat pekerjaan kronologis jika Anda memiliki resume fungsional.
Tidak tahu perbedaan antara dua jenis resume tersebut? Kunjungi halaman format resume LiveCareer untuk mempelajari lebih lanjut, dan baca artikel ini tentang tiga format resume populer yang mendapatkan tawaran pekerjaan.
Periksa Kembali Aplikasi Anda Sebelum Mengirimkannya.
Setelah Anda menyelesaikan aplikasi, duduklah sejenak dan luangkan waktu untuk membaca dokumen tersebut secara menyeluruh, memeriksa semua kesalahan — terutama kesalahan pengetikan dan ejaan.
Satu kata terakhir. Bersiaplah untuk segala jenis aplikasi pekerjaan, mulai dari aplikasi satu halaman sederhana hingga aplikasi multi-halaman. Beberapa akan menjadi salinan bersih dan rapi, sementara yang lain akan terlihat seperti fotokopian beberapa kali terlalu banyak. Terlepas dari itu, luangkan waktu Anda dan lakukan yang terbaik yang Anda bisa, selalu mempertahankan tujuan aplikasi di pikiran Anda — mendapatkan wawancara.
Sumber
https://www.livecareer.com/resources/jobs/search/job-applications